Menghitung Luas Permukaan dan Volume Kerucut Java

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Hallo teman-teman semua, apa kabar ? Berjumpa lagi di blog CodingLagi. Didalam blog ini teman-teman akan mendapatkan contoh-contoh program sederhana dengan menggunakan bahasa pemrograman java.

Luas Permukaan & Volume Kerucut


Oh iya, bagi yang mencari contoh-contoh program sederhana dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman c++ atau tampilan-tampilan aplikasi mobile sederhana dengan menggunakan flutter, silahkan kunjungi Channel Youtube saya yang linknya terdapat di bawah ini.

Channel CodingLagi :

https://www.youtube.com/channel/UCfolbuwUjALSoZV33Q4GTNA 


Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah program sederhana tentang bagaimana caranya mencari luas permukaan dan volume dari sebuah kerucut. Untuk hasil akhirnya, kira-kira akan sama seperti pada gambar di bawah ini.



Baca juga :

- Menghitung Luas dan Volume Tabung Java

- Mencari Nilai Faktorial secara Rekursi Java

- Beri Tanda Bintang pada Kelipatan 5 Java

Berbicara tentang menghitung luas permukaan dan volume dari sebuah kerucut, pasti diperlukan yang namanya rumus. Untuk rumusnya itu sendiri dapat teman-teman lihat di bawah ini.

Ket :

Phi = 3,14

s     = Panjang garis pelukis

Luas P   =  phi * r * ( r + s)

Volume =  1 / 3  * phi * rusuk * rusuk * tinggi

 

Nah, setelah teman-teman mengetahui rumusnya, sekarang langsung implementasikan ke dalam kode programnya.

Pertama-tama kita deklarasikan dulu variable rusuk, tinggi, dan s,  yang berguna sebagai proses inputan nilainya. Deklarasikan juga variable penampung nilai dari hasil perhitungan luas permukaan dan volumenya. Kemudian kita buat proses inputan dari ketiga variable tersebut (rusuk, tinggi, dan s).

Setelah itu kita masukkan rumus untuk menghitung luas permukaan dan volumenya, yang kita simpan ke dalam variable penampung tadi. Hasil dari perhitungan luas permukaan dan volume baloknya telah di simpan ke dalam variable penampung agar memudahkan untuk kita menampilkan hasilnya.

Untuk menampilkan hasilnya, kita tinggal panggil saja variable penampung tadi yang berisi nilai dari hasil perhitungan rumus luas permukaan dan volume kerucut. Kira-kira untuk listing kode programnya akan sama seperti di bawah ini.

Nah, mudah bukan teman-teman. Jika teman-teman masih merasa kesulitan dengan programnya, silahkan bertanya pada kolom komentar di bawah. Dan jika suka dengan programnya, silahkan bagikan di sosial media masing-masing. Sampai jumpa pada contoh-contoh kasus selanjutnya. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menghitung Luas Permukaan dan Volume Kerucut Java"

Post a Comment